TRIP TO PANGANDARAN: KABUPATEN PARIWISATA PENUH PESONA

Taraaaaa

Balik lagi blogging. Setelah setahun ga nulis, dan janji mau nulis lagi, baiklah kita nulis apa-apa yang mau ditulis.

Bismillah

Setelah salah satu anak kantor yang namanya sis Setia (pake nama samaran ya… hahaha) mengikuti ujian program diploma buat ngelanjutin jenjang pendidikannya, anak-anak muda di kantor merencanakan buat liburan bareng ke tempat wisata, yakni Pangandaran. Berbekal keinginan mba Yati (bukan nama sebenarnya juga) pengen ke Pangandaran, dan mas Laksa (nama alias juga) yang cerita kalau dia pernah liburan ke sana pake jasa travel gitu, akhirnya kita sepakat pergi tanggal 27 Mei balik kantor sampe tanggal 29 Mei 2016.

Awalnya aku ngelist nama2 orang kantor yang mau ikut. Ada Mba Atun, Mas Ahmad, Mas Laksa, Mba Yati (akhirnya gajadi ikut), Sis Setia, aku sendiri, Mas Wono, sama Diram. Akhirnya didapet 7 orang yang bakal ikut travelling ke sana. Tadinya Ada Sis Mulya mo ikut, tapi ga jadi juga. Bertujuh, kita berangkat rame2 nebeng boil kantor. Nyadar belum pada makan, maghrib kita berhenti dulu di rest area buat sholat sama beli ayam KieFCi buat dimakan rame-rame di terminal. Dan cusss kita ke terminal nungguin Bus Gapuraning Rahayu jurusan Jakarta-Pangandaran. Begitu nyampe, kita ngga langsung dapet bus. Kita nunggu dulu sejam setengah, hahahihi lah, mekonglah, sampai bus dateng. Begitu dateng, hebohlah kita layaknya anak muda bikin huru-hara buat liburan. Ditambah cengcengan anak2 pas ada mas-mas duduk disebelah (nyampe dia pindah gara2 nyadar diledekin berjamaah hahaha).

And then…..

Eng-ing-eng…. Nyampe lah kita di pantai timur dan dijemput Kang Dede pake ancot. Sehabis ganti baju maen, kita langsung disambut sun rise dan sarapan nasi goreng di pantai.

Lalu keliling pantai pake perahu dan berhenti di pasir putih. Tujuannya? Foto-foto… IMG_4844Sampe Kang Dede sebagai guide-nya geleng2 ga ngerti, karena setiap tempat, kita berhenti buat cekrek-cekrek hahaha,….

Habis puas jalan ngelilingin cagar alam, Kang Dede mengajak kita snorkling dan renang di pantai. Kalian tau apa? Sis Setia, Mas Wono, dan Diram pada renang ngedeketin kapal bekas dibom sama menteri Susi dan senderan di sana. Kita ngeliatnya kalo mereka itu pada hepi (dari jauh), aslinya denger cerita Sis Setia, katanya dia hampir mati kebawa ombak dan arus gede wakakak… Mereka bertiga berpegangan pada tali kapal yang rapuh sambil terus berdoa. Sementara Mas Laksa ngikut renang ke tengah tanpa pake alat nyelem, keram di tengah2. Alhasil dia dadah2 mau kelelep juga. Akhirnya Kang Dede bantuin Mas Laksa renang ke pinggir sebelum akhirnya cerita mereka berempat kita ketawain rame2 di pinggir pantai. Aku, Mba Atun sama Mas Ahmad? Jangan tanya. Renang aja ga bisa hahaha… Jadinya kita cuma lelep-lelepan di pinggiran laut.

Trus habis puas maen di Pantai Pangandaran, kita berangkat ke Citumang buat body rafting. Kalo kata masnya ini pemanasan sebelum ngalamin body rafting sebenernya di Green Canyon. Di Citumang, seperti biasa pada maen aer. Loncat dari ketinggian 12 meter (cowok2 yang ngakunya fearless plus Mba Atun), kereta2an, dan kegiatan ledek2an dilakuin di sana.

IMG_1136.JPG  IMG_1349.JPG

Balik dari Citumang, lanjut perjalanan kita ke penangkaran penyu. Di sana, kita dijelasin terkait ternak penyu, berapa lama bapaknya menjalankan kegiatannya, sampe pernghargaan yang didapat pengelolanya Luarrr biasa…. Seperti biasaaa,… Apalah arti kehadiran kita tanpa foto-foto hahaha… Dari sana kita jalan ke pantai Batu Hiu dan ngeliat sun set rame-rame (sekalian foto2 juga hahaha).

IMG_1353.JPG     IMG_1399.JPGMalemnya, kita stay di penginepan Batu Karas. Rencananya, kita mau barbeque sekalian main di pantai malem2. Tapi karena gerimis, jadinya pada makan malem di depan penginapan dan maen gapleh rame-rame (yang kalah kudu make balsem balpirik merah di muka hahaha) sambil nonton acara cak lontong.

Besoknya, pagiii banget kita liat sun rise di Batu Karas sambil foto-foto (lagi), dan jajan gorengan di warung jalan pulang ke penginepan. Abis itu, jam 7 kita udah siap2 buat diangkut kol buntung ke Green Canyon dan ngelakuin body rafting kedua kali. Kali ini, waktu tempuh yang kita gunain buat ngelakuin body rafting lumayan lama, sekitar 3 jam lebih. Sebelumnya di Citumang cuman 1 jam lebih.

Di sini, karena arusnya deres, kita hati2 banget dan banyak naik ke bebatuan buat sampai di tempat kita ngambang rame2 dan loncat2 dari atas tebing. Total, ada 2 lompatan yang tinggi, sisanya lompatan yang ga terlalu tinggi. Yang bikin aku deg2an, musti ngerayap dan naik di batu2 buat nyampe trek tujuan. Sementara aku yang takut ketinggian, lemes duluan yang ada hahaha. Untungnya perlengkapan keamanan kita lengkap, mulai helm, pelampung, sampe sepatu karet dipake biar bisa nempel pas manjat2 di batu hahaha.

Akhirnyaaaa…. Sampailah kita pada perjalanan terakhir, mandi2 dan pulang. Tapi pas balik juga ada masalah, rencananya naik bus lagi dari Pangandaran, tapi jam 3 sore blom ada bus ac ke Jakarta, akhirnya kita naik bus tigaperempat. Jalannya laaaamaaaa,… 5 jam buat sampe pul Budiman Tasikmalaya. Abis itu, insiden lain juga terjadi. Pas nyampe Tasik, tiket Budiman nyampe jam 12 malem pada abis😥 . Paniklah kita. Mana itu jam setengah delapan malem lagi. Akhirnya nekad nyetop angkot dan ke terminal dan naik Bus Primajasa jurusan Cililitan. Nyampe ke kosan lagi sekitar setengah 4 shubuh pake grab car buat ngantor lagi… Fyuuhhhh~

Yeeee…. Demikian cerita liburan anak2 kantor yang awalnya niat ga niat, eh malah jadi hahaha… Seneng, saling ledek dan dapet pengalaman baru tentunya jadi nilai tersendiri. Apalagi menikmati pariwisata Pangandaran yang emang bagusss banget dan recommended buat didatengin kalian2 yang butuh liburan. Oh ya FYI, kita bertujuh kemaren abis sekita 1jutaan/orang, rinciannya 200 tiket PP Bus Jakarta-Pangandaran, 655ribu buat bayar travel (include semua2 yang kamu nikmati n dapeti fasilitas di sana, mulai dari jemputan, nginep, biaya masuk tempat wisata, sewa alat2 dan makan 6x) dan sisanya buat bayar grab car, beli cemilan dan kartu gapleh hahaha….

Sekian cerita liburan bulan kemaren. Kesimpulannya apa? Seenggaknya bisa tereak2 ngelampiasin rasa kzl di kantor hahaha.