MANASIK HAJI 2012 TKA, TPA & RA SE-KAB.CIAMIS


Bismillah,…

Setelah ijin bolos dalam rangka (ngakunya dan emang) mau 40 harian aa (tepatnya 20 Desember besok), sehabis pulang presentasi di ortala dan mengalami nasib One Day No Rice di Kota Depok (setelah sadar isi kotak makan kagak ada nasi di hari Selasa), akhirnya aku pulang ke Ciamis melewati terminal Depok dan Kampung Rambutan. Agak bete sih nungguan beus arah Banjar yang belum datang, tapi akhirnya bis favorit baru aku, Gapuraning Rahayu dateng juga. Jreng jrnggg akhirna balik membawa kotak eusi kentang (si tanpa nasi) dan senek oleh-oleh bekelna. Inget ka alo. Padahal pas nyampe rumah duah pada tidur n kita orang2 kolot yang makan. Ahahaha…

Lanjut

Besoknya kepaksa aku bangun subuh. Kenapa? Karena salah satu alasan aku pulang cepet adalah janji nemenin kakak cewek aku n anak-anaknya menghadiri acara latihan manasik haji di Islamic Center, dimana pesertanya anak-anak TKA, TPA, n RA sekabupaten. Bisa dibayangkan tumplek bin tumpah ruahnya lautan anak-anak yang dibarengi ibu-ibunya yang ngga mau kalah semangat nemenin putra putri mereka latihan manasik haji, apalagi kita kudu pake baju putih-putih. Alhasil lieurrr selama kegiatan dan kejadian naas itu. -_-

Kaka Kiki dan De Fawaz

Kaka Kiki dan De Fawaz

Next,…

Pokokna antara berkesan, bete, takjub (nempo jelema kompak pake baju bodas-bodas kitu), sama bersaing dengan orang-orang pas gendong alo aku, Kaka Kiki dari mulai masuk gerbang IC yang diumpamakan Makkah, lalu pintu samping IC yang dinamai Arafah (dan euh disinilah perjuangan dimulai, karena lanceuk aku nungguan diluar dan kita berjibaku miluan pagelek-gelek jeung ibu-ibu dan para bocah nu mulai rewel lantaran HAREUDANG dan tukang dagang milu riweuh pajuliwet diluar IC). Sumpah sampe tangan aku leuleus pas mangku alo yang notabene beratnya lumayan, 14kg. Nah aku ngga nyentuh kisaran 50, ya otomatis asa sisa-sisa tenaga teh kakuras ku gendong n rasa bete. Hahaha… But dijalani saja, toh ngadumel atawa ambek-ambekan ngga bikin tugas aku nemenin alo aku ilang, Nu aya ke aku dipolototan bapana.Ahahaha…

anak-anak TPA Al-Istakhariyyah

anak-anak TPA Al-Istakhariyyah

suasana di aula Islamic Center
suasana di aula Islamic Center

Nah, disana kita, eh~ Spesifikna alo aku diajari gimana cara tawaf (meski cuma keliling ka’bah sekali), lempar jumrah, trus lewat ke stand air zamzam, n apalagi ya aku teh lupa saking teu fokusna. Ahahaha… Untung ketemu lanceuk. Alo aku oge rewel teu katulungan n terus aja diiming-imingin meuli eskrim. Beuh pokokna geus we kaluar tanduk jeung sihung dicarekanan wae diana, hahaha… Nah abis itu, kita teh naragog dilaluar (dan akhirna janji beli eskrim tercapai meski nu mayaran emakna, wekekek). Pengen ketawa juga pas kita nagog di keramik miring dan ajeg, sementara ada anak nangis-nangis pengen naik tapi labuh wae nyorodot da lesang ku cai (tega oge).

suasana pas tawaf

suasana pas tawaf

Yang jelas itu acara sukses meski ngga setertib taun lalu (katana). Trus eta tukang dagang bikin rieut. Ditambah kakak aku ceunah mah ek olab da rieuteun ahahahah n kakina berdarah-darah gitu saking penuh perjuangan. Hahaha… Dan akhirna kita terdampar di bakso Simanalagi Ciamis setelah cararape latihan manasik n jarajan balon nu naudzubillah panjangna -___-

Jararajan BAKSO ketemu tatangga yang mirip Hendrawan hahaha

Jararajan BAKSO ketemu tatangga yang mirip Hendrawan hahaha

Oh ya terakhir momobilan alo aku ragrag pas naik angkutan umum keri. Ah maafkan aku ya dede,… tungtungna ka warung dan dipangmeulikeun nu anyar meski awal-awal dia kek nu bete, tapi lama-lama da ai budak leutik mah penuh maaf dan pelupa ekekek…

para peserta hahaha

para peserta hahaha

Last,….

Selamat berlibur di Ciamis (dengan segudang tugas take home), besok haol aa ke 40, dan selamat menjelang tahun baru. Mari berlibur setahun sejenak wakakak…

Buat aa,… we love you. Ini adalah alasan kenapa sekarang Ciamis menjadi tempat terberat yang harus kutinggalkan sementara waktu. Karena kamu ada di sana. Ya,… pada akhirnya kita akan kembali ke tempat kita dilahirkan (kebanyakan buat orang Sunda), ke tanah dimana kita menghabiskan masa kecil disana untuk diciumkan dan dibaringkan di sana… Insya allah aku menyusulmu… Tapi entah kapan…

Dadah

Salam_timberlake

Tinggalkan Balasan

