Pemekaran Kabupaten Pangandaran: “wah, sayang sekali…”


Ditengah badai tugas, sempet-sempetin blogging dulu deh…

Bismillah

Barusan salah satu temen jejaring sosial update status begini nih…: “Pangandaran akan disyahkan menjadi Kabupaten tanggal 12 Juli 2012.” Syok? Jelas. Wah, sekatro itukah aku sampe-sampe kagak up date seputar berita kabupaten sendiri. Hiks…

Jujur, pas dikasih linknya, aku langsung buka-buka n ngeliat-liat beritanya, bener apa ngga. Dan ternyata emang bener, dari sumber ini dikatakan bahwa Kecamatan Pangandaran, yang awalnya bernaung di bawah pemerintahan daerah Kabupaten Ciamis bakal resmi memisahkan diri dan menjadi kabupaten sendiri. Berarti meski secara geografis masih di Ciamis, statusnya udah cerai donk. Hiks. Dan ntar-ntar pas aku main ke Pangandaran, statusnya aku tuh udah main ke luar kota #ngakak.

Dipikir-pikir, kenapa ya Pangandaran ngajuin diri buat misahin dirinya dari Ciamis tercinta? Kenapa kenapa kenapa???

Pemekaran Kabupaten Pangandaran

Masih bersumber dari websitenya, disinyalir bahwa kekurang optimalan pemerintahan daerah Ciamis dalam rangka mengeksplor kawasan wisata yag ada di kecamata Pangandaran menjadi salah satu alasan kenapa masyarakat disana menginginkan untuk bisa membentuk kabupaten mereka sendiri. Wajarlah, Ciamis kan lega, malah kata alm.guru Geografi pas SMP, Pak Lili bahwa luas daerah Ciamis waktu itu lebih lega ketimbang Singapura, jadi urusan rumah tagga daerahnya juga banyak. So, para pelaku industri pariwisata Pangandaran berkeinginan untuk memekarkan Pangandaran sebagai kabupaten “pariwisata”.

Perlu dicatat, disana ada banyak daerah wisata yang indah dan bisa digali lagi potensinya buat dikembangin jadi daerah pariwisata yang rame, apa aja? Ini nih…

1. Green Canyon Pagandaran

Green Canyon ala Pangandaran

Green Canyon adalah tempat yang tidak akan dilewatkan saat mengunjungi daerah Pangandaran. Hal ini tidak berlebihan karena tempat wisata ini menawarkan keunikan yang sulit didapat dari tempat wisata lainnya. Pemandangan indah dan keasrian ditawarkan di Green Canyon yang sebelumnya bernama Cukang Taneuh. (sumber)

Green Canyon Pangandaran

2. Batu Karas

Batu Karas

 

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini. Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran.Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru Rumah Makan Pantai Batukarasmenanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar. (sumber)

3. Goa Jepang Pangandaran

Goa Jepang Pangandaran

Goa Jepang ini terletak di situs Cagar Alam Pantai Pangandaran. Gua Jepang terletak di kawasan cagar alam pananjung Pangandaran dengan koordinat 7°42,336’S 108°39,379’E, Perang Pasifik atau Perang Asia Timur raya terjadi pada tanggal 8 Desember 1941, diawali serangan mendadak Angkatan Udara Dai Nippon ( Jepang ) ke pelabuhan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour ( Hawai ).

Situs Gua Jepang Pangandaran

Pada tanggal 18 Maret 1941 balatentara Dai Nippon menduduki seluruh pulau Jawa dan Madura dan pemerintah Hindia Belanda ( sekutu ) menyerah tanpa syarat kepada balatentara Dai Nippon. (sumber)

Goa Jepang Pangandaran

4. Taman Wisata Alam Pananjung

taman wisata alam pananjung

Taman Wisata Alam Pananjung, Jawa Barat, tetap menyajikan suasana hutan yang seru. Awalnya, Taman ini hanya digunakan sebagai ladang oleh penduduk sekitar. Namun, alamnya yang masih asri dan adanya beragam fauna, akhirnya taman wisata ini juga ditetapkan sebagai cagar alam Pangandaran. Untuk mencapai kawasan ini traveler harus berjalan kaki atau menyewa sepeda dari pantai barat atau timur Pangandaran. Tapi, kalau takut capek kita juga bisa naik perahu dari Pantai Pangandaran.Di tempat ini masih ada monyet ekor panjang, lutung, kalong, banteng, rusa, dan landak. Sedangkan, untuk jenis burung ada burung tulungtumpuk, cipeuw, dan jogjog. Tentunya masih banyak hewan lainnya.

Pananjung Pangandaran

Aku juga inget, kawasan ini katanya sering dijadikan scene dalam syuting sinetron-sinetron tv kita, semisal MAK LAMPIR dan MANDRAGADE pas jaman aku SD. hahaha. Terus, daya tarik wisata alam ini banyak juga, misal adanya Batu Kalde yang menjadi peninggalan sejarah, gua alam dan gua buatan seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal, dan gua-gua peninggalan Jepang. (sumber)

5. Pantainya donk….

Pantai Pangandaran

Pantai Pagandaran

 

Bupati Ciamis, Bapak Engkon Komara juga mendukung upaya pemekaran Kabupaten Pangandaran setelah sebelumnya juga Kota Banjar terlebih dahulu menceraikan diri dari Ciamis dan menjelma menjadi salah satu kota paling okeh di Jawa Barat. Dikutip dari Harian Pikiran Rakyat,beliau mengatakan sejak awal mendukung rencana pemekaran sepuluh kecamatan di Ciamis selatan menjadi daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Pangandaran.

Pembentukan DOB tersebut diharapkan mampu meningkatkan pembangunan serta pelayanan terhadap masyarakat. Diharapkan, pembentukan Kabupaten Pangandaran demi meningkatkan kesejahteraan serta mempercepat proses pembangunan daerah.

Nah, menyimak semuanya, agaknya aku juga sebagai warga Ciamis merelaka saja deh~ terkait pemekaran Kabupaten Pangandaran yag sudah sejak lama digadang2. Cuma terbentur pada karena adanya moratorium pemekaran dari Presiden SBY. Sebagai masyarakat awam, aku berharap dengan adanya pemekaran kabupaten ini, Pangandaran mampu menggali lebih dalam lagi potensi pariwisata mereka dan mampu mengelola sumber daya alam dan manusia yang memang sudah ada di sana buat dieksploitasi sebesar-besarnya guna kesejahteraan masyarakat sana.

Akhir kata, selamat menjadi warga kabupaten baru deh buat temen2 aku yang emang dari awal berdomisili di Pangandaran. Sampai ketemu lagi diseasson liburan berikutnya di Pangandaran (lepas Juli 2012) dengan aku sebagai TURIS DOMESTIK. hahaha

salam_timberlake

 

3 thoughts on “Pemekaran Kabupaten Pangandaran: “wah, sayang sekali…”

  1. Alasan misahin diri ciamis gak adil plus terlalu jauh ka kota nu gering kudu d bwa k cms nu jrk na 92 km . Semua fasilitas parah pokok na pemerintahan cms teu adil

    • kalo saya setuju Pangandaran jadi kabupaten, memisahkan diri dari kab. Ciamis.
      mengapa?
      karena dgn berdiri sendiri maka urusan pemerintahan bisa cepat terealisasikan, tidak harus jauh-jauh ke kantor kab.Ciamis.

  2. tidak menampik pula tentang otonomi pangandaran jg nantinya akan menjadi kesematan bwt para elite politik sebagai ladang korupsi. peran masyarakat disitu dengan aparatur semoga terus terjalin guna saling mengasi dan memperhatikan kinerja birokrasi. mengurus rumah tangga sendiri tidak mudah, butuh kinerja SDM berkmpeten dan mengurus ekonomi atau keungan guna memajukan pembangunan disitu ada taman surga yang menjadi ladang ekonomi, semoga pangandaran lebih maju dengan otonomi daerah dan desentralisai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s