Tips Selamat Naik Angkutan Umum


Bismillah,…

balik lagi blogging meski keur mumet. hwehehe…. yah~ sedikit banyak bahasan kali ini aku terinspirasi is blognya UG DANI tentang mencegah kejahatan di angkutan umum. nah, kali ini aku bakalan nulis opiniku tentang tips biar kita sebagai user angkutan umum bisa selamat sampai tujuan saat menggunakan jasa transportasi satu ini.

sebagai penikmat jasa angkutan umum, aku sering make beragam kendaraan yag kutumpangi buat alat transportasi menuju tempat yang pengen aku datengi. aku sering pake angkot, taksi, bus, elf, keri, ojeg, dll dll kalo emang ngga ada yang nganterin. jujur, selain praktis (ngga usah bawa kendaraan sendiri), trus model angkutan umum juga banyak aku temui di jalan raya (nya heu-euh atuh, hha). juga menurutku, ongkosnya dibilang murah ketimbang kudu nyikreuh alias jalan kaki. cape deh. wahahaha

tapi disamping sisi praktis di atas, tentu saja naek angkutan umum, apalagi yang roda empat itu banyak juga kurangnya. kayak misalnya kita bisa saja telat dateng ke TKP gara-gara macet, gara-gara tuh angkot ato apapun ngetem, trus suka didedet lagi bikin ngga nyaman, juga faktor keselamatan kadang ada supir ugal-ugalan. heuh~


sumber gambar: angkot banyak cerita

nah, bahaya yang lagi ngetrend di zaman globalisasi ini (bukan zaman gobl*glisasi ya,wakakak) adalah kejahatan yang marak terjadi di atas angkutan umum, umumnya angkot dan damri yang sering aku temui. mulai dari kasus pencurian, kasus pelecehan seksual, sampe pencurian disertai kekerasan dan pembunuhan. wowwww…. syerem. jujur, sebagai user aku sangat takut menghadapi angkutan umum belakangan ini, apalagi kalo kudu pulang malem ngga ada temen n kudu sendirian di angkot. wuih~ ngeleper. meski stay cool biar keliatan kuat tapi tetep aja kekhawatiran itu ada… heuy~

nah, banyak rekan remaja saya yag pernah jadi korbannya, modusnya beragam teman. hati-hati…. diantaranya:

1. hipnotis.
banyak temen saya yang kena kasus pencurian ini. dia hilang hapenya 2biji kena hipnotis di angkot jurusan dago pas mau ke riau bandung. trus juga di berita-berita di tipi, banyak kasus hipnotis yang bikin korbannya hilang ingatan, barang iang, dan dibuang di berbagai tempat. wah…. hati2.

2. dikasi obat tidur dan obat2an berbahaya lainnya.
bisa jadi obat terlarang. wahahaha…. sikorban biasanya dikasih makanan/minuman,… begitu obatnya bereaksi, langsung deh aksi pencurian berlangsung. begitu sadar, ngga sedikit korban yang lupa ato bahkan kayak yang jadi idiot. hiyyyy… naudzubillah

3. dipeped-peped alias disedekin alias dirempet sama yag mau maling.
modusnya bisa pura-pura kram, ato ngajak ngobrol, ato bahkan yang aku liat langsung pencurian pura-pura rokok jatuh, trus goyang2in jeans korban, itu dompetnya ada yang ngambil temen pelakunya. di Gashibu sih, tapi bahaya juga klo diangkot. ato bahkan, mungkin abis dipeped2, ditodong senjata tajam kek siaran di trans tentang reportase kriminal kejahatan angkuta umum. duh~ jadi ngeri nih bahas ini.

4.yang terbaru…kebanyakan korbannya cewek. kalo naek angkutan umum sendirian, dibawa kabur sama supirnya dan rekan2nya yang emang udah kongkalingkong. kalo ini lebih bahaya, karena selain dirampok, korban juga biasanya dicabuli dan bahkan dibunuh kek kasus mahasiswi BINUS kemaren2. wah,… para perempuan hati2 setiap saat ya…

nah, lalu bagaimana cara kita mengantisipasinya? sebagai penikmat angkot dan sejabana, aku coba share tipsnya…. nati klo kurang temen-temen bisa share juga n nambahin pengalamannya di komen aku ya😀

1. naiklah angkutan umum yang udah ada isinya dan ada rekan sejenis kita.
disini penting. kita mesti naek angkot dll (buat angkutan umum masal) yang udah ada penumpangnya, terutama penumpang cewek. why? buat jaga-jaga. n ngeyakinin kita kalo tuh angkot dll aman buat kita naiki. soalnya logikanya, kalo angkot dll udah ada isinya, trus ada penumpang ceweknya, pasti tuh trayek angkot bener, nganterin penumpag, n seenggaknya kalopun ada kemungkinan terburuk, bisa teriak rame2. sebelumnya juga kalo masih waswas, ajak ngobrol salah satu penumpang, tanyain tujuannya. biar sama2 ngerasa safety.

2. jangan nerima makanan/minuman dari orang asing
penting. ngga cuma anak kecil yang dinasehati n diingetin buat ngga nerima pemberian dari orang yang ngga mereka kenal, kita juga mesti jaga jarak n jaga imej buat nerima makanan ato minuman dari sesama penumpang yang ngga kita kenal. kenapa? khawatirnya dikasih racun. trus kita pingsan, raib deh barang2 kita. meski niat orang itu ngga selamanya jahat, tapi jaga2 kan perlu. sarannya, kita bekel minum n permen buat dijalan n jadi alesan pas ditawarin orang ngga dikenal. tolak secara halus buat ngejaga tindakan yang ngga diinginka kalo kitanya sama2 kasar. kalopun mau diterima, lihat juga orang yang ngasihnya. kalo misalnya baru beli, kita lihat belinya n pas dia nawarin kita pengen ya itu lumayan aman. dan dia makan ngga, kalo dimaka juga lebih aman. da jangan lupa… baca bismillah dulu yaaa…😀

3. jangan nonjolin barang berharga kita
kenapa hal ini dilist juga? soalnya ngga ada asap kalo ngga ada api. perampok pasti nyiriin orang-orang yang bakal dia rampok lewat pandangan mereka pada gadget si korban. meski pemilihan korban itu acak, tapi sangat penting kamu buat ngejaga barang berharga kamu, ngga sering2 dikeluarin (ato malah selama dijalan usahain jangan ditenteng), sembunyiin di tempat2 rahasia kita, misal tas yang paling jeroooo,,,… ato kalo cewek bisa dalam k*****,… wakakak… yang pasti aman n ngga mencolok perhatian maling aja.inget nyimpen, cek dengan cara diraba sekali2 takut jatoh ato keburu dirampok, biar kita lega. inget, jangan nunjukin. juga jangan bego nyimpen di tempat yag ngga kita bisa kontrol. pernah aku naek damri tujuan ke leuwi panjang, mau ke alun2. kebetulan ngga kebagian duduk, jadi kepaksa berdiri sepanjang jalan. entah kenapa, meski kesebelah aku kosong buat tempat berdiri, ada satu cowok yang meped2 cewek bawa tas selempang pendek. padahal dia bisa geser ke sebelah aku (ato mungkin aku bau kali ya, makanya ngga geser juga, wakakak). trus liatiiinnn aja hape si cewek yang mungkin dy incer. dan tuh cewek malah nyimpen hape dikantong tasnya yang notabene dia tenteng di bahu, di tempat yang menurut aku bodoh n gampang buat dicuri lagi. kepaksa, sepanjang jalan aku posisi berdirinya ngebelakangin jalan. pura2 liat ujan… sesekali nengok belakang. tapi pas diingetin turun ma temen, ya kepaksa turun. nasib tuh hapenya, wallahu ‘alam… hati-hati ya temannnn

4. cek-cek angkutan umum non masal
kalo naek macem taksi, kudu yang terpercaya n ada papan nama pengenal sopirnya. khawatir di bagasi dllnya bawa rekanan rampok yang emang dari awal bermaksud ngga baik sama kamu. kalo bisa, sebelum naik cek bagasi. kalo kosong, aman. cek nametag sopir. cek nomor plat taksi. biar kita aman. selamat sampe tujuan. inget2 nomor platnya. juga jangan lupa, katain tujuan kita ke sang sopir. bisi kalah nyasar2 teu puguh. wakakakak

5. bawa alat pertahanan diri.
lagi marak tuh, kek alat penyetrum berbentuk handphone, korek, senter, dll. atau bisa bawa pisau buat jaga2 rampok nekad yang nodongin senjata, kan tarnya bisa adu peso. hahahaha…. apalagi buat cewek. minimal siapin apa kek. muka sangar seenggaknya. hahahaha

6. inget nomor orang2 terdekat ato polisi
kalo emang terlanjur jadi korban perampokan di angkutan umum, segera pinjem hape orang buat ngehubingi polisi, temen2 n keluarga. biar cepat proses informasi nyebar n ditangkep tuh rampok. kita juga bisa masang alat pendeteksi di smartphone2 kalo2 hape kita ilang, kalo BB mungkin bisa dilacak dari PIN, dll dll.

sekian tips aman naik angkutan umum dari saya. harapannya, semoga para perampok dan calon rampok sadar, dan hukuman buat mereka yang ngelakuin kejahatan di angkutan umum menjadi berat seberat-beratnya batu nu aya di sisi walungan, dan berhati-hatilah. karena seperti kata bang napi: “KEJAHATAN BUKAN SAJA TERJADI KARENA ADA NIAT PELAKUNYA, TAPI JUGA KARENA ADA KESEMPATAN. WASPADALAH… WASPADALAH!!!

salam_timberlake.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s