RESOLUSI TAHUN 2012


Bismillah….

kawan, ini hari terakhir kita di 2011 lo. pas buka fb, twitter, n jejaring sosial semacamnya, banyak flashback n status-status temen-temen saya yang ngebahas tentang evaluasi diri tahun 2011, atau apapun itu. yang pasti,… kita juga harus banyak berkaca diri n mengevaluasi setiap tindakan yang udah kita lakuin di sepanjang tahun 2011, bermanfaatkah atau ngga? trus juga pasti banyak yang jualan terompet di pinggir jalan, mal-mal, dll. sudah pada belikah? hee :p

biasanya, disetiap penghujung tahun, kita membikin daftar hal-hal apa saja yang sudah dilakukan ditahun sebelumnya (2011 pastinya), lalu menuliskan tentang diri kita (evaluasi bad habbit), merenung, kemudian membuat dan menyusun skala prioritas untuk dijadikan resolusi tahun depan (2012 pastinya).

seringnya, meskipun kita sudah susah payah nyusun target pencapaian yang disertai sama time schedule n tektek bengeknya, kita tidak konsisten untuk menepati resolusi yang sudah kita buat. hal ini lantaran berbagai faktor hambatan, kendala yang memang tidak kita prediksi dan tidak terprediksi; kayak kecelakaan, faktor lingkungan, dll dll. tapi,… jika kita benar-benar bertekad untuk konsisten dengan resolusi yang sudah kita susun untuk 2012 mendatang, ada kok hal-hal yang bisa menjaga semangatmu mencapai target itu. Simak daftarnya seperti dilansir Her Campus, Kamis (29/12/2011) dalam okezone.com.

Realistis dan pasang target spesifik

Resolusi yang umum dibuat orang di antaranya mengurangi utang, menurunkan berat badan, dan berhenti merokok. Tapi sayangnya, resolusi seperti ini tidak jelas dan kadang terlihat menakutkan.

Mulailah membuat resolusi-resolusi kecil untuk menapai resolusi utamamu, misalnya jika kamu ingin mengurangi berat badan, buatlah resolusi kecil seperti menurunkan lima kilogram dalam tiga bulan. Dengan membuat target lebih spesifik, kemungkinanmu mencapai resolusi pun lebih besar.

Batasi tujuanmu

Memang menyenangkan memiliki pemikiran bahwa kita dapat melakukan segalanya. Tapi ingatlah, memenuhi resolusi sangatlah sulit dan menguras tenaga.

Akan lebih baik jika kamu membuat satu resolusi dan mencurahkan segala sumber dayamu untuk mencapainya, ketimbang memiliki beberapa resolusi tetapi kamu jalani dengan setengah hati.

Ajak teman

Jika kamu bisa mendapat teman yang memiliki resolusi sama denganmu, maka kamu akan lebih mudah berhasil. Kalian bisa saling menyemangati dan membuat satu sama lain lebih jujur tentang apa yang sudah dicapai.

Bersenang-senanglah

Jika pada akhir 2012 mendatang ternyata kamu tidak berhasil memenuhi targetmu, jangan hukum dirimu. Periksa kembali apa yang menjadi kesalahanmu, apakah targetmu terlalu muluk-muluk, apakah kamu butuh target-target yang lebih kecil, atau kamu justru kehilangan motivasi di tengah jalan?

Kemudian, jadikan masalah itu sebagai bahan koreksi di tahun berikutnya. Ingatlah, resolusi dibuat sebagai sarana pengembangan diri dan untuk membuatmu merasa nyaman dengan diri sendiri. Jangan biarkan resolusi tahun baru justru menurunkan semangatmu.

nah…. selain bikin status-status galau di jejaring sosial, jangan lupa juga buat bikin skala prioritas dan nentuin langkah kedepan kita mau seperti apa dan ingin kemana, supaya kita punya banyak persapan untuk mengisi waktu di tahun depan… so…. happy new year buat semua….😀🙂

salam_timberlake

sumber:
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/29/417/548776/yuk-tepati-resolusi-tahun-baru

2 thoughts on “RESOLUSI TAHUN 2012

  1. After reading your blog post I browsed your website a bit and noticed you aren’t ranking nearly as well in Google as you could be. I possess a handful of blogs myself and I think you should take a look here: http://seopressors.org/ You’ll find it’s a very nice tool that can bring you a lot more visitors. Keep up the quality posts

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s