Makna Uang bagi Kita


bismillah

aku nolol lagi tuh mau nyeritain pengalaman aku tadi sore dan kemarin2.

buat kalian, duit tuh dibilang gede kalo mencapai nominal berapa? seratus ribu? satujuta? duajuta?samilieur? buat orang, duit tuh relatif. ada yang mandang dapet sejuta aja gede banget, ada yang mandang 5juta kekecilan, dll. kalo menurutku sih, itu tergantung orangnya n mau diapain tuh duit. yang pasti, kalo ditangan orang yang bener, tuh duit manfaat banget. (inget heh bayar tah zakatna 2,5%).

trus nyambung dengan judul artikel ini, ADALAH SEBENARNYA. sebenarnya, buat kalian, duit sepuluh rebu itu berharga ngga? aku keingetan status salah seorang temen jejaring sosial yang kira2 kalo ngga salah bunyinya: “anda aka menghabiskan uang untuk sekali makan 10ribu, 20ribu, atau lebih. berbeda dengan mereka yang harus mengais dari tong sampah, atau hanya memakan sisa sisa.

pasti tuh status beda banget sama yang dibikin empunya akun. lah iya lah, wong poho udah berbulan2. hahaha. tapi keseluruhan begitu kira2. aku jadi mikir,… UANG bin DUIT. bagi tiap orang, nominal dari masing2 jumlahnya tentu berbeda. bagi yang konsumtif dan terbiasa make duit banyak, nominal 10rebu tentulah sedikit, bahkan ngga ada artinya. tapi bagi mereka yang sangat butuh, yang bahkan tidak tahu nominal duit paling gede sekalipun menganggap 10rebu itu adalah dewa, duit yang gede n bisa dipake buat apa aja. mmm… oh ya sebelum lanjut, aku pengen nostalgila dulu mengenang rentetan pergantian kostum si duit 10rebu dari jaman aku ololeho sampe masih ololeho kek sekarang. wekekek

1. Jaman Orde Baru
jaman pa ato

aku ngga inget kapan pertama kali aku dikenalin sama nih pecahan duit yang merah2 n saingannya duit cepek. hahaha. tapi yang jelas, jaman jebot itu nilai nih duit sangat sangat sangaaattttt gede. banyangin, mi instan aja masih 250 perak. mmm…

2. ronde kedua
ini yang kedua... cut nyak dien

nah buat nominal yang ini, tampila dengan cashing baru ini aku rada-rada familiar. tapi jujur, aku nganggep tuh duit kayak mainan. kayak duit monopoli. pas jaman ini pak ato udah lengser belum ya? asa udah deh, udah masuk jaman repotnasi… masih lumayan nominalnya sih jaman2 jebot harita.

3. si merah meraaah
duit merah deui... =="

kalo ngga salah nih duit rilis pas jaman aku sma. mentereng warnanya, eh tau pas akhir2 smp keknya. gatau ding. tapi ya… lupa oge sih pengalamanna. yang jelas duit ini masih beredar sama duit 10rebu baru

4. d’last buat sekarang

nah kalo yang ini aku inget banget pengalaman konyolnya. kalo ga salah teh tingkat 3an atau tingkat 4 lupa, aku sama temen teh pagi2 beli nasi kuning di seputaran DT. kita bayar masing2. aku ngepel duit 20rebu… temen ngepel duit yang ini. aku syok. aku mikir tuh duit palsu soalnya udah ungu, bintik2, ngga merah lagi, selama dijalan n bayar aku diem aja. eh taunya pas diomongin, dih…. gue katroooooxxx XDD

balik lagi
aku menilai duit ini lumayan nilainya buat sekarang, bisa buat makan. mau sekali kek, 2kali kek, nombokin kek da harga makanannya mahal, tapi bagi mereka, anak2 tukang ojeg payung yang kutemui sore tadi di trm caheum, tuh duit berharga banget. awalnya aku yang turun dari ancot ngejar bis ogah pake ojeg payung soalna ngalilakeun trus kudu mayar. hahaha. tapi dipikir2 ya lah ngga apa2, soalnya si ojegnya ngejar ke tengah terminal, apalagi anak2 pas itu teh. diajak aja ngobrol. trus ditanyain tarifna berapa, “opatrebu teh“. aku ngerongoh saku, ngasihin duit sepuluh rebu n bilang sesuatu sambil senyum, trus indit we. dan… bagi mereka, tuh duit gede banget, soalnya aku denger pas mau naik bus tuh anak kegirangan (buat aku juga sih, jang ngabaso, akakak). tapi ya….

balik lagi

kalo ceuk saya mah, sakumaha wae duitna, asal kita alus panarima, bersyukur terus, n ngga pedit, tuh duit ngga bakal abis. kenapa? percaya deh. rejeki itu allah yang ngatur. tuh duit habis harita juga ntarnya nerima lagi lewat banyak jalan. tapi ya… sebenernya duit aku ngga abis. kalo abis bahaya naek beus make apa. daun??? hahaha…

jadi inti artikel kali ini adalah,…. hayang browsing gambar duit sapuluhrebu sih. akakaka -___-“

4 thoughts on “Makna Uang bagi Kita

Tinggalkan Balasan

