kamu dan aku…


dear my,…

orang bilang diam itu emas. bagiku itu berlian. karena dengan diam, kita lebih sedikit menyinggung perasaan orang lain. dengan diam, kita jadi lebih banyak berfikir sebelum mengatakan maksud ucapan kita. dengan diam, kita lebih banyak waktu untuk merenung, berdiam diri, dan menyepi…

dengan diam orang sering tak tahu apa yang sebenarnya kita pikirkan. mereka cenderung menerka dan penasaran pada apa yang akan kita ucap, yang akan kita perbuat.

tapi sering juga diam itu malah menyulitkan kita. ketika kita terbiasa untuk diam; untuk cenderung memendam apa yang kita rasa saat itu, dahulu dan kemungkinan kedepannya, kita jadi menyiksa batin kita sendiri. ada kalanya masalah yang tak kita ungkapkan, yang kita diskusikan dengan bagian dari diri kita yang lain malah membuat kita kesulitan, enggan terbuka, dan membuat otak kita tertekan. perasaan tak ingin menyulitkan, serta kiasan makna yang terbendung dan tercekat di tenggorokan, yang haya bisa terbias lewat tatapan mata dan kerutan kening saat kita kelelahan dengan sikap diam kita.

begitu juga aku. saat aku tak bisa mengungkapkan da berbicara bahkan dengan orang tuaku, aku selalu berbagi cerita dan keluh kesahku denganmu, diriku. aku membaginya dengan bagian diriku yang lain, yang bisa aku kendalikan. yang senantiasa memahami aku. tapi itu bukan mereka; mereka yang nyata yang  justru mampu membantuku menghancurkan permasalahanku dari banyak kepala.

saat aku jenuh, aku tak tahu kemana mengadu. saat aku cemas, aku tak tahu kemana aku harus meminta nasihat dan motivasi. bahkan saat aku rindu, aku tak tahu bagaimana caraku untuk menjabarkannya lewat rangkaian makna yang terbalut dalam kata. karena diam bagiku itu indah sekaligus menyiksa.

yah~ mungkin aku tak akan pernah bermakna, dan mereka tak akan pernah menganggapku ada jika akupun terus berdiam diri dalam sikap diamku, karena seolah akulah yang pergi menjauh dan mengasngkan diri dari komunitasku. karena diam;… itu aku berbicara dari hati ke logika.

_timberlake

One thought on “kamu dan aku…

Tinggalkan Balasan

