masa kecilku yang berkesan part 1


aku inget… pas kecil aku hobi banget baca. ga kayak sekarang. banyak buku kuanggurin (padahal lanceuk hobi banget ngoleksi buku. hahaha), mungkin pas kecil gara2 dulu di sekolah SD ku, bangunan kelas 1 n 2 disatuin. n ada kelas siang buat anak kelas 2 nya. nah pas ada renovasi kelas, kelas 2 kebagian kelas di perpustakaan. n kita sering belajar disana. n aku inget kalo tukang dagang yag bernama BI EBAH juga magkal di sana. dan kita; mau istirahat mau kagak suka jajan di beliau (nyolong2 dari wali kelas, untung kantor guru jauh. hahaha)

barusan aku keingetan gara2 baca sari beras yang aku liat pampangan iklannya di facebook: yakni kosmetik jepang yang mengandung rice extract kalo ngga salah. juga di iklan salah satu pencuci muka luar yang mengandung hal serupa. bukan mau ngebahas masa kecilku dengan sari beras atau kandungan apa yang ada di sari beras buat kecantikan. tapi aku keingetan salah satu potongan cerita di buku yang aku colong dari perpustakaan SD: HUTAN KERAMUNTING DI BUKIT KECIL SERI 1 yang salah satu bagiannya menceritakan kalo ibunya Ipul; tokoh sentral di cerita itu suka numbuk padi n ngambilin dedak padinya buat jadi bedak tradisional.

nah disini ceritanya bermula. aku sangat suka baca tuh buku. berkali2, di bolak-balik. sampe lecek. dari jaman kelas 2 SD sampe kelas 4 kuulang2 sampe aku hapal halaman serta bagia cerita yang aku sukai. (tapi kelas 5 semua buku yang kucolong n kubaca dibalikin emakku ke sekolah. hiks…. akakak). tuh buku, pertama kali ketemu lumayan tebel buat anak kelas 2, kagak bersampul tinggal isinya aja. tapi masih bagus. aku nyampulin tuh buku, disimpen, dibaca lagi, disimpen lagi, begitu seterusnya. aku kangen cerita Ipul. trus aku juga inget baca buku apa lupa judulnya tentang pengetahuan tubuh manusia sama cerita anak kecil; 2 bersaudara yang kehilangan ibunya. dan adiknya yang masih kecil kagak ngarti n malah nganggap orang2 yang ngelayat ibunya itu kayak pesta hajatan soalnya banyak orang n banyak nerima pemberian beras dll. padahal ya… pokoknya sampe nangis deh…

ah…. nyari ebooknya kagak ketemu. buat yang baca ni tulisan n nemu linknya HUTAN KERAMUNTING DI BUKIT KECIL , mau versi pdf atawa word atawa jpg atawa apapun kasih ya ke aku. pengen nostalgia… hehehe….

itu pengalamanku pas kecil. buku2 yang lain lupa lagi. hehehe….

30 thoughts on “masa kecilku yang berkesan part 1

  1. asslmkm…
    ternyata,,saya bukan satu2nya orang yang mencari buku lama tentang ipulitu,,,
    salamkenal,emoga kita bisaberbagi informasi bagi siapasaja yang mendapat informasiterlebih dahulu tentang buku itu….
    terimakasih…🙂

    • w3. salam kenal juga. wah… banyak yang menyukai buku hutan keramunting rupanya. iya sama2, nanti saling bagi linknya ya kalo dapet. hee… saya juga kangen baca buku itu. pengarangnya jempol. mengingatkan kita pada masa kecil :))

  2. iya nihh bagaimana supaya dapat bukunya itu?? yang edisi pertama dan kedua… sudah lama banget nih… aku jadi kangen lagi… punyaku edisi pertama tapi sejak SD sudah sudah rusak…. ngk bisa dibaca lagi….

    • saya juga bingung ka, nyari linknya di mbah google susah bener. udah berapa belas taun ya :DD. tar kalo nemu insyaallah dishare. mudah2an kek di palasari atau destik masih ada. ntar diusahain hunting ke sana. salam kenal😀

  3. jd kngen crta itu,,, ternyta ad bnyak jg ya yg udah bc buku itu,,, buku itu jg bhis aku colong lgi perpus,,, tp skrng gk tw ad dmn,,,,,

      • wah wah wah.ternyata Buku Si Ipul Di Bukit Kecil Hutan Keramunting Banyak Juga Yah Yang Kangen pengin Baca Lagi,
        Aq Dlu Juga pernah Punya bukunya,punya saudara aq ambil,kalo ga salah pas mash kla 4 SD.
        Nyari2 Di Google Juga Ga Ktmu2 Link Yang Mbhas tntang Buku Itu,
        Moga Saja Suatu Hari Nanti Buku Itu Akan Di Terbitkan Kembali.
        selamat Mencari Dan Bernostalgia🙂🙂🙂

      • wahahaha….berarti pas jaman SD,buku ini jadi primadona perpustakaan di tanah air keknya. hehehe… iya aku juga nyari2 ga ada udah ngubek2 google dll.😦 bagus kalo ada cetakan ulang ya. kalo nemu linknya mohon share ke sesama pencinta ipul dan marni ya.hhe
        salam🙂

  4. wah saya kira saya satu2nya orang yang lagi nyari buku hutan keramunting d bukit kecil seri 1,, ternyata ada banyak sesama.. gak nyangka banget.. oya sy jg dulu nyolong bukunya d perpus SD, tappi skarang ntah dmna kbradaannya, kemarin sy iseng2 nyari buku itu di Pusda, gak ngarep ktemu sih,, soalnya jdulnya rada lupa jg,, eh tau2 ktemu yg seri 2 nya.. stelah tanya2 yg seri 1 d ptugas pusda , trnyata yg seri 1 udah rusak n lapuk jd masuk gudang,.. sedih deh, pdahal kangen baget pngen bca lg..😦,, tapi yg seri 2 lumayan ngobatin kangen sy sm desa karang kacang, bukit kecil dngn sgala ksederhanaannya.. bwt tmen2 yg tw info bku seri 1nya, kirim email yah..🙂

  5. banyak temen nih. halooo sesama penggemar hutan keramunting
    inget waktu adeknya ipul potong rambut model ‘potongan batok kelapa’? atau ipul mau dikhitan mandi kembang dulu di pancuran? atau adeknya yang masih bayi belajar jalan? iihhh..bener2 nempel di kepala deh.
    buku ini top banget, ceritanya sederhana, indah, gambar2nya keren…

    • salam kenal kak.hee iya nih jadi forum reunian buat nostalgia penikmat buku ini. kalau punya link e-booknya share disini ya kak. kita semua kangen buat baca2 lagi tuh cerita. aku lupa beberapa bagian,… tapi yang pasti aku ingat ucapan marni ke ipul pas jual telor bebek ‘hati2 bang ipul, awas pecah’😀

    • hahaha,,,iya msh inget,,ada jg pas yg mus hilang ktnya d bwa hantu haru2 tp trnyta ktduran d kolong??asyik bgt yaa,,,,pny yg seri 2 g??qblm prnha bca,,,😦

  6. Salam kenal semua…. saya jg lg nyari2 link bukunya, kangen pengin baca petualangan seru ipul, marni, mus, dan si emeh….

  7. iyaaa..ternyata banyak fans nya ipul ya, hihihi cerita semua org ampir sama, nyolong di perpus sd hehehe, aku juga kangen sama tuh buku, yg paling inget ya itu waktu marni potong rambut ala batok kelapa, certanya sederhana, merakyat namun penuh makna

    • salam kenal kak. iya kakak… banyak fans hutan keramunting.tapi sayang ngga ada e-booknya.trus cerita zaman sekarang juga udah eda sama buku2 masa lalu yang merakyat, jadi bikin kita kangen sama atmosfer itu cerita… hhe. aku juga inget pas marni potong rambut berbentuk batok kelapa. hahaha… mudah2an tar nemu ee-booknya yah😀

  8. Assalamualaikum ww.
    Terharu bgt baca cerita di atas soalnya persis bgt dg cerita saya jaman sd Чªήğ suka nyolong buku perpus juga hehehe
    Ω̶̣̣̥̇κ̣̇υ̲̣ inget buku itu kyknya berjudul Bermain di Bukit Keramunting ato apa gt.. Ceritanya sangat2 mengesankan. Ω̶̣̣̥̇κ̣̇υ̲̣ paling ingat saat si ipul sunatan,trs bapaknya nangkep itik liar,sm sikatan pke daun ilalang.. It,s so amazing.. Smpet nyesel jg knpa Ğ jd nyolong tu buku ​☺°•ωκωκωκωκ•°☺ °\(‾▿‾)/°
    Ω̶̣̣̥̇κ̣̇υ̲̣ sempet cari d tukang loak n toko buku kecil sampai gedhe tp Ğa ada.. Sangat merindukannya..

  9. salam kenal,sy lg kangen ma buku ini trus nyari d google ga ada,malah nyasar dimari🙂 paling inget pas sikatgigi daun ilalang,saat panen telur itik smpe wktu ipul ikutan k pasar jual hsil kebon. miss this book so much!!

  10. hikkss…aku juga lagi nyari buku ini.kesan mendalam tentang buku masih terasa sampai sekarang.semoga masih ada yang punya.pengen minjem..😥

  11. Waaaw.. Ternyataaa aku bukan satu2nya yg nyolong buku ini di perpus SD ya haha.. Iya bner kangen bgt udh nyari2 bukunya tapi ga ada.. Plis share kalo yg udh tau info nya, btw pengarangnya siapa ya lupa..

  12. ternyata bukan hanya saya yang nyolong buku Hutan Keramunting di Balik Bukit Kecil. Masih bisakah saya mendapakan buku tersebut. tolong bagi infonya ya…

  13. Subhanallahh.. ternyata bukan cuma saya yang pernah baca nih buku ^_^
    Tapi dicari kemana2 belum nemu juga, susah banget. Padahal ini buku yang ngingetin masa kecil pas lagi hobi2nya baca. Lagi apa aja pasti sambil baca, lagi makan, mw tidur, pergi ke sungai, gendong adik dan lain2 pasti sambil baca. Kalau sdh ada yg punya please share ya, kangen banget sama ipul, marni dan keluarganya ^_^

  14. hehheh ternyata yg pernah baca buku ini dapet nyolong jg kya “saya”…
    semua buku cerita d colongin.. tp sekarang entah kemana…
    lucu wktu pas adek’y si ipul ilang 1 kampung pada nyariin… kangen sma buku ini😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s