Manajemen Pendidikan Tinggi (Sudiyono,2004)


Tujuan Pendidikan tinggi:
1. menyiapkan pesdik menjadi anggota masyarakat yang punya kemampuan akademik/ profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan iptek dan atau kesenian.
2. mengembangkan dan menyebarluaskan iptek dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

dalam pendidikan tinggi, adanya penerapan sistem kredit smester ditujukan agar memungkinkan PT melaksanakan penyajian program studi yang beraneka ragam dan luwes, dan dapat memberikan kesempatan lebih luas pada mahasiswa untuk memilih dan melaksanakan program studi sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang dimiliki.
pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan PT dapat dilakukan melalui:
1. pendekatan topik: berkaitan dengan program studi yang ingin dirancang kurikulumnya.
2. pendekatan kompetensi: dirancang melalui penentuan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang lulusan suatu prodi tertentu.
3. pendekatan lapangan: dirancang melalui dan berdasar apa yang dilakukan di lapangan.

kegiatan penunjang akademik diantaranya:
a. tugas akhir skripsi
b. PPL
c. KKN

Otonomi Pendidikan di PT dapat dilakukan melalui:
1. pemberdayaan tenaga akademik
2. pemberdayaan pesdik
3. masyarakat

2 thoughts on “Manajemen Pendidikan Tinggi (Sudiyono,2004)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s