Waspada! Minuman Energi Bahaya Bagi Anak


Dikutip dari Republika – Selasa, 15 Februari

wah, ternyata c gw baru tau (tolol juga ya, padahal ngeh tibareto, akakak) kalo minuman macam jreng, joss, deng, roso, dkk bahaya buat umur kita2… hmm~ padahal sering banget ngonsumsi, apalagi saat stress melanda. nih, barusan nemu artikel bagus…

BACA DENGAN SEKSAMA DAN DALAM TEMPO JANGAN KECEPETAN HEH~

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES – Minuman energi banyak diantaranya yang mengandung kafein berlebihan, dan diduga bisa berbahaya bagi anak-anak. Demikian menurut hasil pengkajian baru yang diterbitkan pada Senin (14/2).

”Temuan itu berdasarkan hasil pengkajian terhadap literatur mengenai minuman energi,” kata para peneliti di University of Miami dalam hasil studi yang ditampilkan dalam jurnal Pediatrics.

Banyak minuman energi yang diperiksa ternyata itu mengandung tiga kali kafein dari cola. Beberapa di antaranya justru lebih dari lima kali lipat. Laporan studi tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam minuman bisa memperburuk kondisi jantung, terutama pada anak dengan gangguan makan. Kafein juga mengganggu penyerapan kalsium dan mineralisasi tulang pada remaja muda.

Menurut penelitian ini, minuman energi menghasilkan kalori tambahan yang dapat berkontribusi pada diabetes, indeks massa tubuh tinggi dan masalah gigi. ”Minuman energi juga mengandung bahan-bahan tambahan yang dapat meningkatkan kadar kafein,” kata studi tersebut.

Studi ini juga menemukan bahwa banyak anak-anak dan orang dewasa muda di Amerika Serikat telah mencoba minuman energi. Beberapa di antara mereka bahkan menjadi konsumen berat.

Sebuah survei mahasiswa melaporkan bahwa 51 persen mereka mengonsumsi secara teratur satu atau lebih dari botol minuman per bulan. Mayoritas dari mahasiswa meminumnya beberapa kali dalam sepekan. ”Kurangnya tidur dan keinginan untuk menambah energi dikutip sebagai alasan untuk konsumsi tersebut,” kata studi itu.

Minuman itu tidak diatur di Amerika Serikat. ”Jumlah overdosis kafein dari yang mereka minum tetap tidak diketahui,” kata penelitian tersebut. Tapi Jerman, Irlandia dan Selandia Baru, menurut penelitian ini, telah melaporkan kasus kerusakan hati, gagal ginjal, kejang, kebingungan dan aritmia terkait dengan penggunaan minuman energi.

Trus kemaren temen gw (maksute ortunya temen2 gw) pada gagal ginjal gitu, sebut saja bapaknya sodara, de teri. atawa ceuk c iyes temennya, mamah temennya lebih tepatnya meninggal gara2 gagal ginjal n kudu cuci darah. denger2 seminggu bolak-balik RS bapak de teri juga 3x, n sekali cuci darah 800rebu perak!!! mending nglaundry aja sekalian dapet berapa kilo tuh… bayangin, misal 1minggu 3 kali cuci darah: Rp. 800.000 x 3= Rp. 2,4 juta, sebulan 4minggu x 2,4 juta= 9,6 juta. gaji PNS paling gede berapa sih? 5 juta coba… makanya jangan percaya iklan BRUR! yang minum minya goreng juga (alm.adjie masaid) n punya pola hidup sehat umur mah kagak tau. tuh contohnya mbah surip. kebanyakan kafein. amit2…

(sebenernya ini catetan sih buat ngingetin c gw yang hobi banget ngopi sehari 2-3kali, hahaha…)

pokoknya sayangi ginjal kamu. sayangi jantung anda (ceuk iklan eta mah), n sayangi hidup anda. dan yang terpenting, SAYANGI PACAR/ ISTRI/ SUAMI anda, jangan menyayangi pacar/suami/istri orang. hahaha

ngawur…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s