BATIK CIAMIS: I love b*t*k


barusan liat SCTV ada liputan mengenai batik khas ciamis yang siap bersaing sama sang batik-batik daerah lain.

dari artikel Metrotvnews.com, Batik tradisional khas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali menggeliat dan mulai diperkenalkan kembali setelah vakum selama 28 tahun karena kalah saing dengan batik printing. Dengan empat motif ciri khas Ciamisan, seperti batu hiu, ciung wanara, galuh pakuan dan parang sontak, batik Ciamisan kini akan menjadi produk unggulan dan tak kalah bagusnya dengan batik kota lainnya.

Pembatik Ciamis kembali bersemangat mengangkat batik khas Ciamisan setelah ada pengakuan dari UNESCO bahwa batik merupakan budaya non-benda dari Indonesia. Perajin mulai mendirikan kembali tempat pembuatan batik yang sudah puluhan tahun ditutup karena kalah pasaran dengan batik printing.

Sanggar Rukun Batik, misalnya. Seperti perajin batik khusus tradisional, sanggar ini mulai memproduksi kembali batik khas Ciamis dengan mempekerjakan sedikitnya 20 orang pekerja.

Selain memproduksi batik, Sanggar Rukun Batik juga akan membuka tempat belajar membuat batik Ciamisan, khusus bagi warga dan generasi muda Ciamis. Tujuannya, agar batik Ciamisan bisa lebih dikenal, baik oleh warga Ciamis maupun luar kota. Dan agar batik Ciamis tak akan lekang oleh waktu.

nah, konon katanya PNS ciamis juga dianjurkan bin wajib pake batik motif ciamis yang konon lagi ada 26 motif n dulu sempet mandek, tapi sekarang lagi digalain lagi. malahan, pemda ciamis ngedukung banget. trus c gw mikir, kalo batik jago punya anak SMA N 1 Ciamis yang sempet mengalami masa transisi masuk motifnya ngga ya? :3

2 thoughts on “BATIK CIAMIS: I love b*t*k

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s