GALENDO; OLEH-OLEH KHAS CIAMIS


INFO: ada yang berminat pesen galendo asli? kebetulan rumah saya deket sama sang pengrajin alias penghasil galendo. kalo berminat,tulis komeng ya.nanti ditampung. nyoba bantuin tetangga. hee. nuhun

GALENDO MAHAL!!!

gelooo,… harganya mencapai Rp.22.500,-/bungkus buat galendo buatan tangan yang masa expirednya bentar alias kagak pake bahan pengawet n rasanya original. itulah info yang pengen saya bahas diforum wordpress ini. hahaha

awalnya, saya niat pengen bawain orang-orang kantor BPS UPI oleh-oleh galendo khas ciamis (maklum, mudik cuy, wakakak). 4 orang di BPS, 1 saya janji ke bapak warnas (waktu itu kita ngagosip n akhirna nyambung deh tuh obrolan kana janji bawain beliau galendo asli), n buntutna ka ceu hop2, temen kuliah pas kita ketemu di depan perpus… alhasil,… paling sedikit kudu bawa 6 pak galendo. dan yang saya tau waktu itu harganya kagak mahal2 amet, sekitar Rp.15.000-Rp.17.500,-an lah yang 1/2kg-an.

ternyata eh ternyata, pas pesen teh hargana Rp. 22.500. wakakak

SYOK langsung… teu jadi beli nu ori we. tungtungna beli ti toko di pasar yang berpengawet n bentuknya lucu2 kayak coklat2 gitu. n yang terbaru yang baru saya tau (sori, katro abis, meski itu jajanan wajib daerah sendiri) ada galendo yang dibikin kayak Chocodot Garut bo,… mana warnana ungu deui eta coklatna, jigana rasa anggur. wakakak

kenapa galendo pas kemarin (1april2011) harganya mendadak mahal? begini ceritanya…

harga kalapa mentah 1nya Rp.1.200-Rp.1.500/butir… padahal saya juga punya tangkal kalapa dikebon (padahal kebon nu kolot saya. wakakak). eh~ kunu tukang ngalaan kalapa ngan sok diduitin gopek. ??? HEUH!!!

padahal harga kelapa sehuluna biasana 300-500perak aja,… ayeuna imbasna kana memuncakna harga eta GALENDO. sehingga saya harus mempending rencana memborong galendo dari sang BANDAR GALENDO. wakakakak

sekalian we harita teh beli sale pisang (ada lo yang bentuknya mirip ulat yang dihujankeun diProbolinggo, wakakak). eh~ pas pulang dijalan ek ka kosan ketemu Om Jhon (sori om,… kirain saya orang iseng manggil2, wakakak…). saya kasih galendo sama sale beliau, eh~ ternyata temennya ada orang Banagara. bawa galendo juga ceunah. wakakak… eh~ dikasih puding. nuhun om… punten 1kali lagi saya suka lupa orang. wakakak

trus,… tadi di BPS. karena pak manajer absen (alias teu papanggih jeung c gw, wakakak), galendonya ka c mas ganunk-keun we. semuana dapet nu karecil jiga coklat batangan. wakakak… dan sule pun — eh~ sale… kita makan rame2… tinggal ka c bapak warung n buat neng hop2,… tunggu season 2. saya mudik deui da. wakakak

oya, inget. ada juga tragedi GALENDO BERDARAH pas tingkat 1 kuliah. wakakak… kalo inget sok hayang seuri. ceritanya??? next season we lah. wakakak… oya satu lagi. Makanan ini terbuat dari sari pati kelapa yang mengendap pada waktu pembuatan minyak kelapa, seterusnya diolah menjadi makanan yang enak dan gurih. Sekarang Galendo telah dikembangkan baik rasa maupun kemasannya dan pemasarannya pun telah menembus kota-kota besar. kayak di bandung aja ada saungna. keren. wakakakak

11 thoughts on “GALENDO; OLEH-OLEH KHAS CIAMIS

  1. Yap.. punten ngiring nimbrung… :)
    Memang makanan tradisional Galendo ini perlu dilestarikan untuk menjaga salah satu budaya bangsa dalam bidang kuliner. Bagi akang2 atau teteh2 yang sedang berada jauh di luar kota Ciamis jangan khawatir sekarang mah jika mau mendapatkan Galendo Asli Ciamis, silakan pesan saja online mudah dan praktis di http://www.galendo.com

    Salam Baktos.
    Kang Oman

  2. Ping-balik: hikmah: tak ada yang KEBETULAN « CORAT-CORET

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s